Tari Jauk Bali

Posted by Unknown | Labels: | Posted On Sunday 27 May 2012 at 08:02


     Tari ini menggambarkan seorang Raksasa yang menggunakan Mahkota(gelungan) dimana dia ini sedang bekelana. Tarian ini memiliki gerakan yang fleksibel.
     
    tari ini menggunakan kostum yang mirip dengan tari Baris, tetapi bedanya, dia menggunakan Topeng, dan Gelungan(mahkota)yang mirip mahkota raja. dan juga memakai sarung tangan yang ada kuku yang panjang.
tari ini banyak bisa ditemukan di bali. biasanya untuk pertunjukan.
Tari jauk dapat dibagi menjadi 2 jenis :

1. Jauk Keras
    

 

     jauk keras seperti namanya, gerakannya pun lebih bringas. dimana gerakannya lebih energik dan gongnya pun bertemp0 cepat. biasanya mempunyai standar gerakan sendiri. Topeng yang di pakai adalah topeng yang berwarna merah, dimana menggambarkan keberingasan sang Raksasa.
yang gw tau ya, ini adalah dasar dari semua tarian jauk. dulu gw pernah nariin ini. gerakannya perpaduan antara tangan, kaki, badan dan leher. jadi semua gerakannya berbeda. lumayan lama untuk menyesuaikannya. topeng yang dipakai seperti ini. jadi merah, ada kumis dan mata melotot tajam. menggambarkan kebringasan.

2. Jauk Manis



 

     Jauk Manis, jauk ini seperti namanya, mempunyai gerakan yang lebih berwibawa. aslinya jauk manis ini pakaiannya sama dengan jauk keras tapi bedanya ada di topengnya dimana topengnya menggunakan warna putih dan kelihatan lebih berwibawa.
karena jauk Manis ini jauh lebih fleksibel dari jauk keras, para seniman tari di Bali akhirnya mengimprovisasi dan membentuk tarian jauk yang berbeda. misalnya Topeng tua, tari ini termasuk tari topeng jauk. dimana menggambarkan orang tua. jadi gerakannya pun mirip seperti orang tua. itulah keunggulan jauk manis. Topengnya lebih lembut dari jauk keras.

Comments:

There are 0 comments for Tari Jauk Bali

Post a Comment